WelLcoMe To .AM. BloG


Selasa, 13 Desember 2011

Memahami Ruang Lingkup Usaha Perhotelan

1. Menerangkan Pengertian Hotel

Dari seluruh rumusan dan pengertian yang ada maka dapat dirangkum apa yang dimaksud dengan hotel adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang jasa dan didalamnya terdapat beberapa unsure pokok yang terkandung dalam pengertian hotel yaitu:

a. Suatu jenis akomodasi

b. Menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada

c. Menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan

d. Menyediakan makan dan minuman serta jasa lainnya

e. Fasilitas dan pelayanan tersebut disediakan untuk para tamu dan masyarakat umum yang menginap

f. Berfungsi sebagai tempat sementara

g. Dikelola secara komersial

2. Menerangkan Jenis dan Penggolongan usaha Hotel

Klasifikasi atau penggolongan hotel adalah suatu system pengelompokan hotel kedalam berbagai kelas atau tingkatan, berdasarkan ukuran penilain tertentu. Di Indonesia pada tahun 1977, dengan keputusan Menparpostel No. PM.10/PW.301/Pdb-77 tentang usaha dan klasifikasi hotel ditetapkan bahwa penilaian klasifikasi hotel secara minimum didasarkan pada:

a. Jumlah kamar

b. Fasilitas

c. Peralatan yang tersedia

d. Mutu pelayanan

Berdasarkan pada penilain tersebut, hotel-hotel di Indonesia kemudian digolongkan ke dalam 5 (lima) kelas hotel yaitu: bintang satu sampai dengan bintang lima

Tujuan dari klasifikasi atau penggolongan hotel secara umum adalah :

1) Sebagai pedoman teknis bagi calon investor untuk memilih investasinya dibidang usaha perhotelan apakah pada hotel berbintang atau melati

2) Memberikan informasi kepada tamu yang akan menginap dihotel tentang standart fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing jenis dan tipe hotel

3) Agar tercipta suatu persainagn yang sehat antara pengusaha hotel

4) Supaya tercipta keseimbangan antara permintaan & penawaran dalam usaha hotel

3. Menerangkan sejarah dan Perkembangan hotel di Eropa, USA dan Indonesia

Kata hotel berasal dari kata HOSPITIUM (bahasa latin) artinya ruang tamu. Hospitium mengalami proses perubahan pengertian menjadi HOSTEL, kata hostel lambat laun huruf “S” pada kata hostel tersebut berubah menjadi hotel seperti yang dikenal sekarang.

Pada tahun 3000 SM telah ada penginapan pertama yang dibentuk “inn”, yaitu rumah-rumahpribadi dengan beberapa kamar yang disediakan bagi pejalan kaki untuk istirahat atau tidur.

City Hotel dibangun pertama kali di New York pada tahun 1794. Tahun 1800-an, amerika menjadi Negara pengembang usaha hotel yang utama, tapi karena harganya yang mahal hanya kaum hartawan yang dapat menikmati menginap di hotel mewah bergaya eropa. Kemudian tahun 1892, Hotel Tremont house di Boston amerika pertama kali melengkapi hotelnya dengan lobby dan menyediakan kamar privat dengan pintu kamar dipasang kunci pengaman.

Awal tahun 1990-an, pelayanan hotel secara professional mulai dikembangkan oleh Ellsworth M. Statler seorang operator hotel Amerika, yang melengkapi kamar dengan kamar mandi privat dan kaca rias yang lebar.

Pada jaman penjajahan belanda sudah ada usaha yang dikelola secara komersial, tapi belum dikelola secara modern, seperti:

Ø Hotel Savoy Homan dibandung dibangun tahun 1888, kemudian direnovasi tahun 1937 dan selesai tahun 1939

Ø Hotel Preanger dibangun 1897, kemudian baru pada tahun 1928 menjadi hotel yang lebih terkonsep

Ø Hotel Mij De Boer, hotel yang paling megah di Medan, didirikan tahun 1898 oleh Aeint Herman De Boer (belanda), yang diperuntukan bagi pengusaha perkebunan dan pejabat pemerintah belanda. Dalam rangka nasionalisasi pada tanggal 14 desember 1957 diambil alih Indonesia berganti nama menjadi Hotel Dharma Bhakti, kemudian diubah lagi menjadi Hotel Dharma deli.

Ø Grand Hotel de Djokya, hotel lama di Malioboro-Yogyakarta didirikan tahun 1908 dan beroperasi tahun 1911, kemudian setelah renovasi diganti nama menjadi hotel Garuda

4. Menjelaskan Struktur Organisasi pada hotel dan Standart Operational procedurenya (SOP)

Prinsip-prinsip pengelolann manajemen hotel pada hakekatnya adalah sama dengan prinsip-prinsip manajemen organisasi perusahaan pada umumnya.berdasarkan visi misi tersebut, maka hotel akan menyusun sasaran-sasaran yang hendak dicapai dalam bentuk kebijakan-kebijakan perusahaan seperti:

o Pangsa pasar yang dituju

o Jenis produk yang dihasilkan

o Standar produk yang dihasilkan

o Keuntungan yang ingin dicapai

o Pola hubungan perusahaan dengan berbagai pihak

Dari struktur organisasi dapat dipersiapkan analisis jabatan (Job Analyis) yang terdiri dari:

· Uraian tugas (job description)

· Standar manual pekerjaan (standart operational procedure/SOP)

· Spesifikasi jabatan (job specification)

Job description menggambarkan kewajiban dari masing-masing posisi. Prosedur manual SOP memberikan gambaran bagaimana pekerjaan atau kewajiban akan dilaksanakan. Struktur jabatan yang ada di hotel, seperti:

ü Manajer : General Ganajer, Resident Manajer

ü Head/Manajer Departement: Room, Food & Beverage, Accounting, Maintenance & Engineering

ü Chef: Kitchen, Pastry

ü Assistant manajer

ü Supervisior

ü Staf

Departemen Dalam Hotel

1. Room Departement:

o Front Office, berfungsi dalam memberikan pelayanan pada bagian depan hotel

o Room Division, berfungsi dalam administrasi yang berkaitan dengan kamar

o Housekeeping, berfungsi dalam masalah penyiapan dan pembersihan kamar

o Reservation, berfungsi menerima reservasi dari tamu dan agen

o Roommaid/Roomboy, berfungsi menyiapkan dan membersihkan kamar

o Bellboy, memberikan pelayanan mengantar & membawa barang tamu

o Operator, berfungsi memberikan pelayanan melalui telepon

2. Food & Beverage Departement:

o Cook, berfungsi menyiapkan menu sesuai order dan bertugas pd F & B produksi

o Steward, berfungsi membantu cook membersihkan peralatan dapur

o Waiter/Waitress, berfungsi memberikan pelayanan pd tamu dan bertugas pada F & B service

3. Accounting Departement:

o General Cashier, berfungsi mengadministrasikan penerimaan dan pengeluaran kas dan bertugas pada back office

o Income auditor, berfungsi melaporkan pendapatan hotel dan bertanggung jawab atas pengendaliannya

o Credit, berfungsi melakukan analisa kredit kredit dan kebutuhan modal kerja hotel

o Staff (accounting Receivable, Acconting Payable), berfungsi membantu pengadministrasian piutang dan hutang

o Marketing/Sales, berfungsi dalam administrasi pemasaran hotel

o Personnel, berfungsi dalam administrasi karyawan hotel

4. Monor Departemen:

o Operator, berfungsi memberikan pelayan telepon

o Laundry, berfungsi memberikan pelayan laundry

o Sport, berfungsi memberikan pelayanan fasilitas olahraga

o Sauna dan lain-lain

5. Fungsi Lain:

o Purchasing, berfungsi melakukan pembelian barang keperluan hotel

o Security, berfungsi menjaga keamanan hotel

o Houseman, berfungsi melakukan pembersihan area luar kamar

1 komentar:

  1. Kamar tidur dan kamar mandi yang luas .pengalaman saya menginap di hotel ini cukup memuaskan dan membuat saya ingin kembali lagi untuk menginap suatu saat nanti. pengaturan interior kamar baik, menciptakan kesan luas dan lega di dalam ruang kamar. kamar mandi bersih, luas, dan lengkap dengan semua fasilitasnya. www.www.yellohotels.com/surabaya-jemursari

    BalasHapus